Kemarin malam sempet nonton Metro TV, kebetulan pas ada acara dialog. Host-nya Ferdi Hasan, bintang tamunya Prof. Yohannes Surya, P.Hd (fisikawan Indonesia). Bahasannya tentang kemajuan Fisika di Indonesia. Banyak hal yang dibicarakan, salah satunya tentang keberhasilan putra-putri negeri ini di kancah olimpiade Fisika Dunia. Luar biasa, mungkin dua kata yang palng tepat untuk diucapkan setelah mendengarkan aara ini (tak lupa juga applause tanda hormat dan bangga). Ternyata potensi yang dimilki anak negeri ini tak kalah dengan kemajuan sains (fisika) di negara maju dan negara besar yang lain, kayak China, Amerika, Jerman. Bahkan dalam olimpiade tahun 2007 di China besok, Prof. Yo (pangiilan akrab Prof. Yohannes Surya) menargetkan mengalahkan langganan juara (medali emas) China di kandang. Sebuah semangat yang patut didukung tentunya.

Satu hal yang saya bikin hati ini bangga benar, Prof. Yo sampai-sampai menciptakan sebuah lagu berjudul “mestakung” kepanjangan dari “Semesta Mendukung” yang khusus diciptakan untuk menggambarkan betapa Indonesia ternyata penuh potensi (semesta mendukung) dan “tinggal” mengasah kemampuan ini dengan baik dan benar. Dan kita harus bangga pada sosok Prof. Yo yang dengan dedikasi sangat tinggi mampu mengembangkan bakat luar biasa teman-teman kita. Bisa dibayangkan Indonesia dalam beberapa tahun ke depan akan memiliki fisikawan-fisikawan handal bahkan mungkin dapat meraih nobel. Siapa tahu?.

Prof. Yo menambahkan, anak-anak cerdas jenius ini juga sudah ditawari berbagai program beasiswa di universitas-universitas terkemuka di dunia kayak MIT dan Harvard. Ya, mungkin, itu memang jalan yang terbaik buat teman-teman yang sekarang masih duduk di SMA ini untuk mengembangkan bakatnya. Maksud saya, luar negeri lebih memberikan perhatian daripada universitas dalam negeri, baik dari jumlah/besar beasiswa yang ditawarkan, pengasuh (pembimbing) yang mungkin lebih baanyak, teknologi yang lebih maju, dsb. Tapi saya yakin, ketika besok sudah selesai jadi doktor-doktor fisika (Prof bahkan) Inodesia tetap akan jadi pilihan utama untuk dijadikan tempat mengabdi. Demi masa depan anak muda dan Indonesia yang lebih baik.

Hidup Indonesia. Maju terus negeriku.