Tokyo – Seperti diberitakan sebelumnya, akhirnya format HD DVD dipastikan akan segera menemui ajalnya. Pasalnya, Toshiba selaku pembesut utama HD DVD menyatakan, mereka akan segera menghentikan produksi HD DVD. Pertarungan format DVD masa depan pun melahirkan Blu-ray besutan Sony sebagai pemenang.

Format HD DVD memang menderita sejumlah kekalahan telak dari Blu-ray untuk meraih minat konsumen. Terakhir, retail dagang terbesar Amerika Wal-Mart, memutuskan menghentikan penjualan HD DVD. Karena itu, setelah melakukan analisis bisnis, Toshiba menyatakan bahwa mereka akan menghentikan secara total produksi player maupun perekam HD DVD.

Para analis mengungkapkan, penghentian produksi HD DVD ini akan membuat Toshiba beralih fokus pada produk lainnya. Seperti dikutip detikINET dari BBC, Selasa (19/2/2008), tepatnya setelah studio film Warner Bros memutuskan untuk menendang HD DVD dan memakai Blu-ray, Toshiba merasa sulit untuk menyelamatkan bisnis HD DVD.

“Kami menyimpulkan bahwa keputusan untuk melakukan perubahan adalah yang terbaik. Jika kami terus jalan, hal ini akan menciptakan masalah bagi konsumen. Sederhana saja, kami sudah tidak punya kesempatan untuk menang,” ungkap Atsutoshi Nishida, presiden Toshiba mengenai keputusan penghentian produksi HD DVD ini.

Toshiba memaparkan bahwa mereka akan tetap mensuplai perangkat HD DVD sampai Maret 2008. Namun setelah itu, Toshiba hanya akan memberikan support teknis bagi sekitar sejuta konsumen yang telah memiliki HD DVD player.

(sumber dari sini)
—————————————————————
Wah, itu gimana yah kalo yang ga punya pemutar Blu-ray?. Yang punyanya DVD player ama DVD writer gimana donk?. Ada yang tahu?. Bisa ga sih, Blu-ray di puter di DVD player?. Apa CD player?. Atau ada komentar lain?.