Baru aja dari talkshow blog di JEC, acara pameran komputer NEX’08. Acara talkshow blog ini dipanitiai oleh cahandong.org. Saya nonton bareng Vito.

Talkshow nya sendiri di mulai molor 18 minutes dari jadual yang seharusnya jam 15.00. Dan selesai jam lima lebih dikit. Pembicara yang hadir, sama dengan yang di iklan, yaitu:

Herman Saksono (Blogger serius, senior webdesainer Gamatechno)

Bambang Irawan ( jurnalis IT – Tabloid SInyal)

BM Adam ( Managing Editor – Info Komputer)

Sedang moderatornya sendiri ada Mba tikabanget ituh.

Acara cukup menarik. Apalagi ada banyak doorprise. Saya ngitung setidaknya ada 10 buah doorprise beragam jenis. Ada kaos, Mug, dan pulpen (saya dapet satu..hehe). Doorprise dibagikan pada orang-orang yang bertanya dan bisa menjawab pertanyaan dengan benar (saya maju dua kali, cuma dapet satu hadiah, karena pas maju untuk jawab pertanyaan dari Momon kalah “bagus” dari jawaban peserta yang lain). Ngomongin tempatnya, Setting tempat nya juga bagus. Kursi ditempatkan mengitari tempat para pembicara. Sehingga semua peserta bisa ngeliat nara sumber tanpa kudu terhalang sesuatu. Sayang banget, dan ini jadi nilai minus yang sangat besar, karena tempatnya yang di pameran komputer, maka suara pembicara kalah keras ama speaker-speakernya stand toko yang ada, sayang banget..ini nih yang bikin ga konsen ikutan talk show nya..soalnya berisik banget sih.

Acara tanya jawab antara moderator dan nara sumber berjalan satu setengah jam (peserta ga nanya-nanya sama sekali, selama “pembicaraan” antara moderator dan nara sumber).

Momon Herman Saksono ngomong banyak tentang blog, dan seputaran blog, dengan presentasi sederhana tetapi sangat mengena. Momon banget…haha. Seneng bisa liat momon langsung..(wekekeke).

Pak Bambang Irawan banyak monyoroti tentang civil journalism yang saat ini marak seiring dengan makin banyak nya blog (Saya sendiri baru denger tuh istilah civil jurnalism). Pak Bambang juga banyak ngomongin tentang wartawan yang nge-blog, dengan di kasih contoh blog beberapa teman beliau.

Pak Adam , hampir serupa dengan Pak Bambang, menyampaikan materi tentang blog dan hubungannya dengan jurnalisme. Terutama tentang jurnalisme online yang sekarang jauh lebih merebak dan di akses banyak orang daripada printed jurnalisme kayak koran. Pak Adam kayaknya doyan banget makan permen karet. Dua jam nguyah permen karet ga berhenti-berhenti. Mana ga ganti-ganti tuh permen karet nya. Haha

Mba tikabanget ituh, sebagai moderator, menanyakan banyak hal, dari identitas blog bagi pemilik, konten blog, kostumasi, dan banyak hal. Mba tikabanget ituh, banyak menggunakan kalimat ” saya kan blogger nih, itu kalo bla bla bla bla….”, kalau ga salah saya denger lebih dari 8 kali. Mungkin karena bukan MC dan moderator yang di bayar dan sering tampil, maka mba tikabanget ituh, agak gimana ya bawain nya (mungkin loh….mungkin ini…). Ada beberapa kekurangan, dan yang kentara adalah kurang adanya perhatian ke penonton. Penonton terkesan dicuekin, jadi saya lihat banyak tuh yang baca-baca majalah gratis, ada yang ngobrol dan lain lain (termasuk saya dan vito..hehe). Ini berimbas dengan mulai berkurangnya penikmat talkshow dari waktu ke waktu. Kalau awal mulai sekitar ada 30 orang, maka ketika tengah waktu, mungkin udah hilang 30%. Dan pada akhir acara, mungkin tinggal 15 orang saja.Ya, memang mengikuti acara 2 jam dengan satu setengah jam jadi “pendengar yang baik” tanpa mendapat interaksi yang cukup dari moderator adalah (mungkin..mungkin loh…) hal membosankan, apalagi bagi yang sekedar lewat dan numpang nonton (karena mungkin tujuan utamanya nonton pameran komputer nya), mungkin beda bagi yang sengaja ingin nonton talkshow nya (kayak saya dan vito).

Kendala teknis yang cukup mengganggu lainnya adalah matinya beberapa mik. Jadi mba tikabanget ituh, harus bolak-balik menghubungi panitia untuk ganti mik. Jadi ribet (keliatannya sih…)

Orang-orang yang nonton, saya yakin, sebagian besar adalah blogger. Jelas ada komunitas cahandong, dan beberapa blogger. Saya sempet lihat ada di Joe (dengan rambut kuning cuma di depannya yang aneh, yang cuma numpang lewat dan cengar-cengir di samping tempat acara, mungkin karena jadi panitia pameran kali yee), ada juga akbar kadabra, dan ada banyak yang lain (yang saya ga kenal..hehe).

Oh ya, pada sesi tanya jawab, saya juga menanyakan tentang blog pada para pembicara. Ada dua pertanyaan yang saya tanyaken:

1. Apa pendapat para jurnalis (Pak Bambang dengan Pak Adam) tentang diseminasi informasi yang sepertinya lebih banyak penikmatnya daripada baca koran online.

2. Menanggapi fenomena artis yang bikin blog, Kalau seleb jadi blogger, blogger jadi apa donk?.

Jawaban atas pertanyaan pertama:

Pak Bambang mengiyakan, dan mengulangi sekali lagi komentar nya atas civil jurnalism. Pak Adam menjelaskan lebih detil tentang media online yang memang sanagt marak akhir-akhir ini.

Jawaban atas pertanyaan kedua:

Momon bilang Blogger ya jadi artis, kayak saya. Sambil senyum kuda. Langsung disambut mba tikabanget ituh, artis kriminal. Haha….

————-

Ya kira-kira gitu ulasannya, maaf ga ada dokumentasi, karena ga bawa kamera. Mungkin bisa langsung ke cahandong buat liat-liat dokumentasi acaranya.,..

Sekian…

Btw, besok kayak nya jadi ikut Live Blog nya. Halah…bertanding bareng seleb blog dan para blog adsense – er yang mumpuni adalah sebuah tantanghan…haha