Saya tidak habis pikir, benar-benar hilang ide dan kata, ketika mendengar, membaca dan melihat berita di tipi bahwa ada tiga artis yang diduga (praduga tak bersaalah) yaitu: Marcella Zalianty, Ananda Mikola dan Moreno Suprapto. Budaya premanisme memang lekat sepertinya di mana pun di Indonesia. Mereka yang seringkali menyebut diri mereka sebagai public figure, pun ternyata tak lepas dari premanisme kalau berita di atas benar adanya.

Budaya premanisme, di mana orang-orang mengggunakan cara-cara preman (kekerasan) dalam menyelesaikan masalah tentu nya cara yang tidak dapat di benarkan. Siapapun pelakunya, entah itu public figure, pejabat, mahasiswa, dan seluruh orang di Indonesia, akan terlihat seperti orang bodoh, in my humble opinion, karena mereka seperti tidak punya pikiran, otak, untuk berbuat yang lebih manusiawi, lebih terhormat daripada sekedar maen pukul, tendang, sekap, culik. Ah,……what a shame……

Saatnya mengerti dan menyadari, kita menjadi kerdil, menjadi bangsa yang lemah dan terus melemah tiap hari nya, salah satu nya karena ini. Dimana hukum rimba menjadi pilihan ketika hukum nasional yang sedang digalakkan law enforcement nya, dilalaikan, dikesampingkan dan terbuang dengan sendirinya.

Selamat hari jumat saudara, masih adakah keinginan mu maen preman-preman an?

Advertisements